sejarah sman 1 bulit batu



Text Box: Disusun Oleh:
Ramdanil Arifin
Ricky Sutomo
Tariyana Sari Nasution
Zukfa Izzati
Mutia Oktalida
Nurismi Noviyandha
Fera Pratama
Yesi Nazila
Nuraisyah Ayuni
Dinda Adila

                                                                                                                                                                                                                                                     
Text Box: Sejaraha negeri 1 bukit batu

Description: C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\page.jpg
·         Telah tersedia dan berfungsinya ruangan Koperasi
·         Telah tersedia dan berfungsinya ruangan BK
·         Telah tersedia dan berfungsinya ruangan Ibadah
·         Telah tersedia dan berfungsinya ruangan OSIS
·         Telah tersedia dan berfungsinya ruangan kantin
·         Telah tersedia dan berfungsinya Gudang
·         Telah tersedia dan berfungsinya KM/WC
·         Telah tersedia dan berfungsinya website sekolah
Program Pengembangan yang dilakukan :
·         Pengadaan LCD dan laptop
·         Pengadaan Peralatan laboratorium
·         Pengadaan AC untuk ruangan TRRC
·         Pengadaan buku penunjang untuk 5 mata pelajaran
·         Pengadaan computer
·         Pelatihan operator setiap mata pelajaran

  1. Pembiayaan
Sasaran yang ingin dicapai :
·         Telah terpenuhinya anggaran dalam jumlah yang cukup untuk membiayai program-program sekolah
·         Telah ikut sertanya alumni dan beberapa perusahaan yang ada untuk membantu membiayai program sekolah
·         Telah optimalnya fungsi dan peranan orang tua siswa untuk membantu membiayai program sekolah

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta kekuatan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul Sejarah Terbentuknya  SMA Negeri 1 Bukit Batu.
Terwujudnya makalah ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak yang telah telah memberi informasi, baik ide-ide, maupun pemikiran. Oleh karena itu dalam kesempatan ini penyusun ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Narasumber.
Semoga segala bantuan yang tidak ternilai harganya ini mendapat imbalan di sisi Allah SWT sebagai amal ibadah, Amin.
Penyusun menyadari bahwa Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik saran yang membangun dari berbagai pihak sangat penulis harapkan demi perbaikan-perbaikan ke depan. Amin Yaa Rabbal ‘Alamiin

          Sungai Pakning,
              Februari 2015

            
          Penyusun,




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB 1 PENDAHULUAN
A.   Tujuan Pelaksanaan
BAB 2 PEMBAHASAN
A.   Profil sekolah
B.   Perkembangan Pembangunan Sekolah
C.    Profil-Profil Kepala Sekolah
D.   Kemajuan Sekolah
E.    Prestasi sekolah










Program Pengembangan yang dilakukan :
·         Kegiatan sosialisasi program-program sekolah kepada pihak-pihak terkait

  1. Manajemen Sekolah
Sasaran yang ingin dicapai :
·         Semua data akademik, kesiswaan, keuangan, sarana prasarana serta alumni telah terkomputerisasi dan mudah diakses
·         Struktur organisasi dan uraian jabatan telah terpasang dibeberapa ruangan
·         Sistem administrasi sekolah telah memanfaatkan ICT

Program pengembangan yang dilakukan :
·         Kegiatan mengupdate data akademik, kesiswaan, keuangan, sarana prasarana, alumni dan personalia / SDM
·         Pelatihan operator bagi tenaga administrasi sekolah

  1. Pembinaan Kesiswaan
Sasaran yang ingin dicapai :
·         Sistem penyeleksian siswa baru dengan criteria yang jelas
·          Siswa telah menguasai materi pelajaran sesuai dengan standar isi dan standar kompetensi lulusan
·         Siswa telah menguasai ICT
·         Telah terprogramnya pembinaan dan pengembangan kokurikuler untuk seluruh warga sekolah serta didukung dengan dana dan sarana prasarana yang memadai
·         Telah dilaksanakannya English Experience Day  yang terprogram pada setiap minggu
    
·         Telah terprogramnya pembinaan dan pengembangan ekstrakurikuler serta mengupayakan agar siswa aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minatnya.

Program Pengembangan yang dilakukan :
·         Kegiatan lomba debat bahasa inggris
·         Pelaksanaan English Experience Day  yang terprogram
·         Pelatihan kepemimpinan siswa
·         Pembinaan bagi siswa cerdas istimewa (CI) dan siswa Bakat istimewa (BI) pada bidang:  MIPA, Bahasa Inggris dan ICT
·          
  1. Pengembangan Kultur Sekolah
Sasaran yang ingin dicapai :
·         WC selalu bersih, tidak berbau dan air selalu mengalir
·         Ruang kelas selalu bersih dan memiliki tempat sampah
·         Semua laboratorium selalu bersih dan memiliki tempat pembuangan sampah serta bak penampungan limbah zat kimia
·         Perpustakaan selalu bersih dan memiliki tempat pembuangan sampah
·         Tempat ibadah selalu bersih dan tetap suci
·         Kantin selalu bersih dan sampah tidak berserakan serta selalu menjaga air pada parit-parit tetap mengalir
·         Sekolah tetap selalu bersih dari sampah dan tersedianya tempat-tempat sampah dibeberapa tempat
·         Tingginya tingkat kesadaran stake holder sekolah untuk selalu menjaga kebersihan
·         Semua ruangan kelas dilengkapi dengan hiasan dinding serta tertata rapi

  
Bab       1
Pendahuluan

A.     Tujuan Pelaksanaan
1.    Ingin mengetahui lebih jelas tentang sejarah SMA Negeri 1 Bukit Batu
2.    Melaporkan hasil pengamatan kepada masyarakat sekitar
3.    Untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang seluk beluk SMA Negeri 1 Bukit Batu
4.    Agar masyarakat mengetahui perkembangan SMA Negeri 1 Bukit Batu
5.     








                             Bab    2
              Pembahasan

A.   Profil Sekolah

Nama Sekolah                   : SMA Negeri 1 Bukit Batu
Alamat Sekolah                 : Jalan Ahmad yani, Sejangat, Kec. Bukit Batu,
                                              28671,  e-mail : smansabktbt@gmail.com
Kab/Kota                             : Bengkalis
Propinsi                                : Riau
No. Rek. Sekolah              : 5424-0100866453 (BRI Cabang Sungai Pakning)

1. VISI, MISI, DAN TUJUAN
A.      Visi Sekolah
     Menjadikan SMA Negeri 1 Bukit Batuunggul dalam mutu, berbudaya dan santun dalam bertingkah laku, sehat serta memiliki kearifan terhadap lingkungan hidup


·         Ruangan ibadah dilengkapi dengan hiasan dinding yang tertata rapi serta tersedianya perlengkapan ibadah
·         Semua buku dan papan pengumuman maupun papan peringatan pada ruangan laboratorium/ perpustakaan tertata ditempatnya
·         Ruangan majlis guru dilengkapi dengan peralatan kerja, meja, kursi, hiasan dinding serta tertata rapi
·         Ruangan Tata Usaha dilengkapi dengan peralatan kerja, meja, kursi, hiasan dinding serta tertata rapi
·         Seluruh warga sekolah untuk selalu berpakaian rapi
·         Sekolah selalu aman dan bebas dari pencurian, pengrusakan serta segala macam gangguan
·         Sekolah tetap selalu indah dan nyaman sehingga tercipta lingkungan yang kondusif
·         Telah tersedianya pohon-pohon pelindung dalam jumlah yang memadai dan selalu terpelihara
·         Telah tersedianya tempat duduk disekitar taman sekolah
·         Telah tersedianya papan-papan peringatan yang memadai dan terpasang pada tempatnya
·         Selalu menegakkan sangsi pelanggaran disiplin dan telah tersedianya lembaran perjanjian
·         Kegiatan belajar mengajar selalu tepat waktu






B.Perkembangan Pembangunan Sekolah
Pada awal pembangunan, ruang kelas pertama kali adalah tiga kelas, dan masing-masing kelas berisi 20 siswa. Pembangunan ruang kelas (penambahan ruang kelas) tergantung pada dana yang ada. Biasanya dana tersebut berasal dari uang partisipasi siswa ataupun bantuan dari PEMDA Bengkalis.
Sebelum SMA  1 ini didirikan dahulunya tanah itu milik SDN 1,tetapi karena SD1 tidak mau menempatinya,jadi PEMDA menghibahkan tanah ini ke SMA.SMA ini didirikan pada tahun 1980.Salah satu seseorang yang andil dalam mendirikan SMA ini adalah Pak Ali.Pak Ali lah yang membantu dalamn mendirikan Sekolah ini.Pada tahun 1980 SMA ini merupakan SMA PEMDA,dan Pak Ali juga menjabat sebagai kepala Sekolah SMA ini,tetapi hanya selama enam bulan.Sekolah ini di Negrikan pada tahun 1928,Pak ali pun tidak lagi menjabat sebagai Kepala Sekolah SMA ini.Dan digantikan dengan Pak yacob.Dan nama sekolah ini pun tidak lagi disebut dengan SMA PEMDA,dan diganti dengan Nama SMAN 1 sejangat.
Dahulunya SMA ini merupakan satu-satunya SMA yang ada di kecamatan Bukit  Batu,dimana dahulunya hanya ada SMK dan MAN.
Setelah diresmikan Sebagai sekolah Negeri, SMA ini sudah memiliki organisai-organisasi,seperti OSIS,Pramuka,dan Koperasi.
Seiring perkembangan zaman SMA ini Perkembang pesat,yaitu mulai ditambah ruang belajar dan Ruangan TU (Tata Usaha).Dari tahun 1980 sampai sekarang,jumlah kepada sekolah yang sudah menjabat sebagai kepala sekolah SMA ini mencapai 8 orang.






B.      Misi Sekolah
a.       Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga siswa berkembang secara optimal sesuai dengan talentanya masing-masing
b.      Mendorong siswa berfikir cerdas, kreatif dan inovatif
c.       Menciptakan generasi yang cerdas emosional dan spiritual serta memiliki akhlak mulia
d.      Mengembangkan progam/latihan olahraga dan seni secara teratur
e.      Menumbuhkan semangat kebersamaan bagi seluruh warga sekolah sehingga tercipta  kondisi yang sehat, indah, nyaman, dan kondusif
f.        Menumbuhkan semangat dan watak warga sekolah untuk peduli terhadap lingkungan hidup
g.       Menciptakan Lingkungan Belajar yang nyaman dan berwawasan lingkungan hidup
h.      Membiasakan warga sekolah untuk menghindari dan mencemaran lingkungan
i.         Menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan dan menghindari kerusakan lingkungan hidup
C.      Tujuan
1)      Dapat mengamalkan ajaran agama sebagai hasil proses belajar mengajar dan kegiatan pembiasaan;
2)      Meraih prestasi akademik maupun prestasi nonakademik mimimal tingkat kabupaten;
3)      Menguasai dasar-dasar IPTEK sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi;
4)      Menjadi sekolah yang disenangi dan diminati masyarakat.
5)      Terwujudnya Sekolah yang Peduli dan berbudaya lingkungan hidup
6)      Menciptakan sekolah yang bersih dan asri dalam mendukung pencapaian tujuan pembelajaran
7)      Dapat meningkatkan kreativitas seni dan budaya
8)      Dapat menciptakan budaya membaca dan menulis

 2. Data Siswa
Jumlah Siswa dan Rombongan lima tahun terakhir
Tahun Pembelajaran
Kelas

Jumlah
X
XI
XII
2007/ 2008
190
140
170
500
2008/ 2009
191
146
171
508
2009/ 2010
133
185
182
499
2010/2011
179
137
178
494
2011/2012
180
172
139
491
2012/2013
188
165
167
520
2012/2014
207
189
166
562
2014/2015
177
193
185
555




C.Profil-Profil Kepala Sekolah
1.       M.Yacob.HS,BA
Description: C:\Users\Cluster\Desktop\New folder\IMG20150203174600.jpg
Pak M.Yacob.HS,BA seseorang yang berkelahiran di Bengkalis, 12 Juni tahun 1943.Pak Yacob Mulanya ia adalah seorang guru yang bertugas di SMAN 3 Rumbai.Setelah beberapa lama ia bertugas di SMAN 3 Rumbai,akhirnya Ia pindah bertugas di SMAN 1 Sejangat sebagai Kepala Sekolah pada tanggal 1 Agustus 1983.Pada masa ia menjabat sebagai kepala sekolah,cukup banyak perkembangan yang dialami SMA ini.Setelah lebih kurang 6 tahun menjabat sebagai kepala Sekolah di SMAN 1 Sejangat,Pak Yacob pindah bertugas di SMAN2 Dumai pada tanggal 24 Juli 1989.Dan kemudian diganti oleh Drs.Ismail H.Zahari.


2.       Drs.Ismail H.Zahari
Description: C:\Users\Cluster\Desktop\New folder\IMG20150203174605.jpg
Pak Drs. Ismail. H. Zahari seseorang yang berkelahiran di Bengkalis, 11 oktober tahun 1948.Pak Drs. Ismail. H. Zahari Mulanya ia adalah seorang kepala sekolah di SMAN Sungai Apit.Setelah beberapa lama ia bertugas di SMAN Sungai Apit,akhirnya Ia pindah bertugas di SMAN 1 Sejangat sebagai Kepala Sekolah pada tanggal 24 Juli 1989.Setelah lebih kurang 4 tahun menjabat sebagai kepala Sekolah di SMAN 1 Sejangat, Drs. Ismail. H. Zahari pindah bertugas ke kasis TentisKanwil Depdikbud Prov.Riau pada tanggal 2 November 1993.Dan kemudian diganti oleh Abdul Kadir, BA.






Jumlah Peserta Didik TP. 2012/2013
No
Kelas
Ruang Belajar
Peserta Didik
Keterangan
     L
P
Jlh
1
X
Kelas
80
109
189

2
XI IPA
Kelas
26
40
66


XI IPS
Kelas
48
58
98

3
XII IPA
Kelas
24
34
58


XII IPS
Kelas
50
59
109

Jumlah
10
228
292
520


Jumlah Peserta Didik Tahun Pelajaran 2013/2014
No
Kelas
Ruang Belajar
laki-laki
Perempuan
Jumlah
1
Kelas X
Kelas
92
111
203
2
Kelas XI
Kelas
79
106
185
3
Kelas XII
Kelas
75
89
164

Jumlah
12
250
312
553

Jumlah Peserta Didik Tahun Pelajaran 2014/2015
No
Kelas
Ruang Belajar
laki-laki
Perempuan
Jumlah
1
Kelas X
Kelas
84
93
177
2
Kelas XI
Kelas
84
109
193
3
Kelas XII
Kelas
78
107
185

JUMLAH
12
256
309
555

Data SDM
a.       Identitas Kepala Sekolah
Nama Kepala Sekolah   : Rahman, M.Pd               
             N I P                                                          :19640401 198803 1 005
Pangkat / Golongan                       : IV a
Tempat / Tgl. Lahir                         : Tanjung Belit /1 April 1964
Alamat                                                : Jl. A. Yani, Sejangat
No. HP                                                 : 081378886221



3.       Abdul Kadir, BA.
Description: C:\Users\Cluster\Desktop\New folder\IMG20150203174614.jpg
                Pak Abdul Kadir, BA.seseorang yang berkelahiran di Bengkalis, 8 Juni tahun 1956.Pak Abdul Kadir, BA. ,Mulanya ia adalah seorang guru yang bertugas di SMAN 1 Bengkalis.Setelah beberapa lama ia bertugas di SMAN 1 Bengkalis,akhirnya Ia pindah bertugas di SMAN 1 Sejangat sebagai Kepala Sekolah pada tanggal 2 november 1993.Dan pada masa jabatannya pula,nama SMAN 1 Sejangat dirubah menjadi SMA 1 Bukit Batu.Setelah lebih kurang 2 tahun menjabat sebagai kepala Sekolah di SMAN 1 Bukit Batu,Pak Abdul Kadir, BA., pindah bertugas di SMAN  Sungai Apit pada tanggal 13 Januari 1997.Dan kemudian diganti oleh Drs.Khaidir,S.






4.       Drs.Khaidir,S
Description: C:\Users\Cluster\Desktop\New folder\IMG20150203174609.jpg
Pak Drs.Khaidir,S seseorang yang berkelahiran di Bengkalis, 4 Juli tahun 1962. Drs.Khaidir,S Mulanya ia adalah seorang guru yang bertugas di SMAN 1 Selat Panjang.Setelah beberapa lama ia bertugas di SMAN 3 Selat panjang,akhirnya Ia pindah bertugas di SMAN 1 Bukit Batu sebagai Kepala Sekolah pada tanggal 13 Januari 1997.Setelah lebih kurang 2 tahun menjabat sebagai kepala Sekolah di SMAN 1 Bukit Batu,Pak Drs.Khaidir,S pindah bertugas di SMUN 1 Sungai apit pada tanggal 2 Agustus 1999.Dan kemudian diganti oleh Pak Dar’i. S.Pd






b.      Jumlah Guru per Mata Pelajaran
No
Mata Pelajaran
Jumlah Guru
PNS
GTT/PTT
1
Agama
2
0
2
Pendidikan Kewarga Negaraan
2
0
3
Bahasa Indonesia
2
1
4
Bahasa Inggris
2
2
5
Matematika
2
1
6
Kesenian / Seni dan Budaya
0
1
7
Pendidikan Jasmani
1
1
8
Sejarah
2
0
9
Geografi
0
1
10
Ekonomi / Akuntansi
2
1
11
Sosiologi
2
0
12
Fisika
2
0
13
Kimia
1
2
14
Biologi
2
0
15
Prakarya dan Kewirausahaa
0
2
16
Bimbingan Konseling
0
2
17
Mulok / Budaya Daerah
0
1
18
Bahasa Asing / Arab
0
1

Jumlah
22
12
3. Data Sarana Prasarana
    A. Luas Lahan Sekolah
Luas Seluruhnya
Luas Bangunan
Lahan Kosong untuk Fasilitas Olahraga
Lahan Kosong belum terpakai
9.650 m2
1.630 m2
150 m2
8.037 m2
4. FASILITAS
a. Air
Sumber
Ada
Tidak
Sumber / Air Tanah
            V

PAM
                  V

Air Hujan
            V




5.       Dar’i,S.Pd
Description: C:\Users\Cluster\Desktop\New folder\IMG20150203174624.jpg
Pak Dar’i,S.Pd seseorang yang berkelahiran di Selat panjang, 3 Agustus tahun 1958. Drs. Dar’i,S.Pd Mulanya ia adalah seorang Kepala Sekolah yang bertugas di SMAN 1 Mebau.Setelah beberapa lama ia bertugas di SMAN 1 Merbau,akhirnya Ia pindah bertugas di SMAN 1 Bukit Batu sebagai Kepala Sekolah pada tanggal 2 Agustus 1999.Setelah lebih kurang 3 tahun menjabat sebagai kepala Sekolah di SMAN 1 Bukit Batu,Pak Dar’i,S.Pd pindah bertugas di SMUN 3 Bengkalis pada tanggal 11 Mei 2002.Dan kemudian diganti oleh Pak Drs.H.Yahya Gulita






6.       Drs.H.Yahya Gulita
Description: C:\Users\Cluster\Desktop\New folder\IMG20150203174629.jpg
Pak Drs.H.Yahya Gulita seseorang yang berkelahiran di Bengkalis, 24 Mei tahun 1966. Drs.H.Yahya Gulita Mulanya ia adalah seorang Kepala Sekolah yang bertugas di SMUN 2 Bukit Batu.Setelah beberapa lama ia bertugas di SMUN 2 Bukit Batu,akhirnya Ia pindah bertugas di SMAN 1 Bukit Batu sebagai Kepala Sekolah pada tanggal 11 Mei 2002.Setelah lebih kurang 6 tahun menjabat sebagai kepala Sekolah di SMAN 1 Bukit Batu,Pak Drs.H.Yahya Gulita pindah bertugas di SMAN 1 Bengkalis pada tanggal 27 February  2008.Dan kemudian diganti oleh Pak Rismawardi, S.Pd.







b. Telepon
Jenis Ruang
Satuan
Ruang Kepala Sekolah
1
Ruang Guru
-
Ruang Tata Usaha
1
Ruang Perpustakaan

Ruang Laboratorium
-
Ruang Kelas
-

c. Mesin Cetak/ Alat Pengadaan
Jenis Peralatan
Jumlah
Mesin stensil
1 unit
Risograph
-
Mesin Photocopy
1 unit
Printer
1 unit
CD Duplikator

Scanner
1 unit
d. Koneksi Internet
Jenis Koneksi
Bandwith
Dial up
 -
Leased Line
kbps
Lainnya,…………….
2 mbps    dan  526 Kbps
R. Tersambung Internet
Jumlah Komputer
Ruang Kepala Sekolah
1 unit
Ruang Wakil Kepala Sekolah
3         unit
Ruang Guru
-Unit
Ruang Tata Usaha
1 unit
Ruang Perpustakaan
- unit
Ruang Labolatorium
24 Unit
Ruang Kelas
- unit
Ruang Data dan Program
- unit
Ruang Tim Kajian Mutu
- unit
Ruang Bimbingan Konseling
1 unit
Ruang Tim Disiplin
- unit


7.       Rismawardi, S.Pd
Description: C:\Users\Cluster\Desktop\New folder\IMG20150203174632.jpg
Pak Rismawardi, S.Pd seseorang yang berkelahiran di Selat Panjang, 9 Juli tahun 1962.Pak Rismawardi, S.Pd Mulanya ia adalah seorang Kepala Sekolah yang bertugas di SMAN 1 Siak Kecil.Setelah beberapa lama ia bertugas di SMAN 1 Siak Kecil,akhirnya Ia pindah bertugas di SMAN 1 Bukit Batu sebagai Kepala Sekolah pada tanggal 27 February 2008.Setelah lebih kurang 6 bulan menjabat sebagai kepala Sekolah di SMAN 1 Bukit Batu,Pak Rismawardi, S.Pd pindah bertugas di UPTD Dikpora Siak Kecil pada tanggal 1 Agustus 2008.Dan kemudian diganti oleh Pak Rahman,M.Pd







8.Rahman,M.Pd
Description: C:\Users\Cluster\Desktop\New folder\IMG20150203174635.jpg
Pak Rahman,M.Pd seseorang yang berkelahiran di Tanjung Belit, 1 April tahun 1964.Pak Rahman,M.Pd Mulanya ia adalah seorang Kepala Sekolah yang bertugas di SMAN 2 Temiang.Setelah beberapa lama ia bertugas di SMAN 1 Siak Kecil,akhirnya Ia pindah bertugas di SMAN 1 Bukit Batu sebagai Kepala Sekolah pada tanggal 1 Agustus 2008.
Semenjak Pak Rahman,M.Pd menjabat sebagai Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Bukit Batu,banyak sekali perubahan-perubahan positif di sekolah ini.






B. TANTANGAN NYATA SEKOLAH
1. Semua perangkat kurikulum masing menggunakan bahasa Indonesia dan belum
    dilakukan terjemahan ke bahasa inggris
2. Kemampuan bahasa inggeris tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sangat minim
3. Belum semua guru memperoleh kesempatan mengikuti pelatihan dan pengajaran bagi
    perbaikan penyelenggaraan pembelajaran.
4. Masih terdapat beberapa siswa yang sukar bersaing karena kelompok terbesar memiliki
    kecerdasan tinggi, sampai pada bersaing ke PTN terkemuka.
5. Kurikulum yang disempurnakan dan pola pembelajaran yang berubah secara dinamis
    membuat sebagian siswa mengalami kesukaran mengikutinya.
6. Belum mendapatkan sekolah mitra maupun perguruan tinggi mitra yang mampu
    membina sekolah.
7. Peralatan labolatorium fisika, kimia dan biologi masih belum lengkap sesuai dengan
    setandar nasional.
8. Jumlah siswa yang masih diatas jumlah siswa ideal perkelas, sehingga menyulitkan
    guru memberikan pelayanan secara maksimal.
9. Kesibukan masing – masing indipidu guru dalam menggelola pembelajarannya
    menjadikan kesempatan yang kecil bagi guru senior membina guru yunior.
10. Beberapa guru senior memasuki masa pensiun sehingga populasi guru berpengalaman
      semakin berkurang untuk membina prestasi dan kualitas lulusan.
11. Belum seluruh guru menguasai kecakapan bidang ICT
12. Belum maksimalnya menggunakan ICT dalam proses pembelajaran
13. Masih belum maksimalnya anggaran yang tersedia di daerah










C. SASARAN / TUJUAN
Sasaran yang ingin dicapai oleh rintisan sekolah bersetandar nasional adalah :
1.Menjadi sekolah yang diakui di tingkat nasional dan memiliki kelas nasional.
2.Menjadikan seluruh komponen sekolah memahami dan terampil menggunakan program-     a   program aplikasi computer sesuai dengan tugas dan fungsi masing- masing.
3. Memiliki sarana dan prasarana pembelajaran yang berbasis pada teknologi.
4. Memiliki system manajemen informasi yang terkomputerisasi.
5. Memiliki guru- guru yang telah terakriditasi dengan setandar nasional.
6. Memiliki kurikulum yang adaptif dengan kurikulum bersetandar nasional.
7. Memiliki budaya kerja dan nudaya mutu bersetandar nasional.
8. Memilki guru yang mampu mengajar dikelas dengan pengantar bahasa international.
9. Rata- rata nilai pada SKHUN mencapai minimal 7,50.
10. Menjadi model inovasi dan perubahan proses pembelajaran dan manajemen     A              A    peningkatan mutu sekolah.
11. Memproleh prestasi tertinggi bidang akademik tingkat provinsi maupun nasional.
12. Menjadi sekolah yang selalu berusaha untuk senantiasa terdepan dan menjadi teladan A        A     dalam berbagai hal.
13. 25% lulusan diterima pada perguruan tinggi terkemuka.
14. Menjadi sekolah yang adaftif dan adoptif dengan berbagai kemajuan lingkungan A             A    nasional.
15. Memiliki kelompok ilmiah remaja yang mampu memenangkkan LKIR tingkat nasional.
16. Memiliki tim kesenian yang mampu tampil pada tingkat nasional dan memperkenalkan A            A     budaya local ( budaya melayu ).
17. Memiliki tim olah raga yang mampu tampil pada tingkat nasional maupun internasional
18. Memiliki sistem pembelajaran yang inivatif dan dicontoh oleh berbagai pihak karena A       A    kesuksesannya.
19.Memiliki sistem layanan siswa yang handal dan terpercaya
20. Memiliki tenaga laboran, perpustakaan dan sumber daya pendukung yang memahami A       A    ICT serta mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris.


D.    Kemajuan yang Dialami SMA NEGERI 1 Bukit Batu
                Kemajuan yang dialami SMAN 1 Bukit Batu yang paling pesat terjadi pada masa jabatan Pak Rahman,M.Pd.Pak Rahman dikenal dengan karakternya yang disiplin,biajksana,ramah,dan juga peduli akan Prestasi-prestasi,dilingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
Kemajuan yang dialami itu seperti bertambahnya ruang belajar,pagar sekolah,maupun fasilitas-fasilitas sekolah,dan juga telah dibuat Aula yang multifungsi.
Berikut contoh kemajuan yang terjadi pada masa jabatan Pak Rahman,M.pd dari tahun 2008 sampai sekarang.
a.       Description: F:\ge\Salinan dari 156889_114414565294698_100001784662047_103628_7068498_n.jpgPembangunan Aula SMA Negeri 1 Bukit Batu





Pada saat Pak Rahman menjadi kepala Sekolah di SMAN 1 bukit Batu Fasilitas-fasilitas di SMA ini cukup memadai.Pak Rahman memiliki gagasan untuk membuat aula di lapangan basket yang awalnya masih sederhana.Dengan kebijakan-kebijakan Pak Rahman,ia berhasil mewujudkan ambisinya membangun aula tersebut.Selain kebijaka-kebijakan Pak Rahman,pembangunan aula juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak yang ikut berpartisipasi membantu untuk membangun aula tersebut.Bentuk dari partisipasi itu seperti memberi bantuan berupa material bangunan,alat-alat yang membantu proses pembuatannya,maupun berupa uang.
Setelah semuanya terkumpul,akhirnya pembangunan aula tesebut segera dilakukan dengan perlahan.sepeti mulai mendirikan pondasi atau tiang besi,dan pengecoran ulang lapangan basket.Setelah beberapa bulan bekerja,akhirnya pekerjaan pembangunan aula selesai dilakukan pada tahun 2013. Berikut tugu pengesahan dan gambar aula hasil jerih payah yang disahkan penggunaannya oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis:
Description: C:\Users\Cluster\Desktop\New folder\IMG20150203173442.jpg     Description: C:\Users\Cluster\Desktop\New folder\IMG20150203173646.jpg
Inilah contoh tugu pengesahan pembanguann aula SMA Negeri 1 Bukit Batu yang dilakukan pada tanggal 17 september 2013 oelh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis.
Dengan didirikannya aula ini,banyak sekali manfaat yang didapat oleh seluruh warga sekolah.Aula ini selain untuk lapangan olahraga,juga dapat digunakan untuk melaksanakan acara-acara besar atau acara peresmian.Dengan adanya aula ini,seluruh warga sekolah yang sedang melaksanakan kegiatan seperti upacara,senam,dan lain sebagainya menjadi tidak kepanasan,apalagi kegiatan di siang hari.








D.      IDENTIFIKASI FUNGSI – FUNGSI PENDIDIKAN
1.       Pengembangan kurikulum
·         Menyusun dan menyiapkan kurikulum yang akan digunakan ( Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ) serta melakukan terjemahan kedalam bahasa inggris
·         Menyusun perangkat – perangkat kurikulum dan sekaligus melakukan terjemahan kedalam bahasa inggris
·         Mencari kurikulum internasional dan melakukan analisa untuk menyusun  kurikulum internasional yang adaptif.
2.       Proses Pembelajaran
·         Melaksanakan proses pembelajaran dengan mengacu kepada kompetensi yang ingin dicapai
·         Melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan bahasa inggris
·         Menggunakan software pembelajaran dalam bahasa inggris
·         Menggunakan bahan ajar berupa buku teks siswa, buku teks guru serta student worksheet yang telah dibuat dalam bahasa inggris
3.       Penilaian
·         Melakukan / melaksanakan penilaian sesuai dengan kompetensi yang diajarkan kepada siswa
·         Menyiapkan instrument evaluasi berupa soal-soal utama, remedial dan pengayaan telah tersedia dalam bahasa inggris
·         Melakukan analisis hasil belajar untuk mengukur sampai sejauh mana tercapainya kompetensi yang telah dipelajari
·         Melaksanakan program remedial bagi siswa yang belum tuntas dan pengayaan bagi siswa yang telah tuntas
·         Mendokumentasikan seluruh nilai siswa UN, UAS baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa inggris


4.       Pengembangan Sumber Daya Manusia
·         Mengupayakan agar semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris
·         Mengupayakan agar semua tenaga pendidik mampu nenggunakan ICT dalam proses pembelajaran
·         Mengupayakan agar semua tenaga laboran memiliki kompetensi yang baik untuk melaksanakan tugasnya
·         Mengupayakan agar semua teknisi laboratorium memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugasnya
·         Mengupayakan agar tenaga Tata Usaha memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugasnya
·         Mengupayakan agar tenaga Pustakawan memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugasnya
5.       Sarana Prasarana
·         Menyiapkan media pembelajaran disetiap kelas berupa LCD dan laptop
·         Menyediakan peralatan dan bahan dilaboratorium yang diperlukan dalam pembelajaran sesuai dengan standar yang ditetapkan
·         Menyiapkan laboratorium computer lengkap dengan peralatan yang diperlukan untuk pembelajaran
·         Menyiapkan perpustakaan yang nyaman dan dilengkapi dengan buku serta bahan pustaka berbahasa inggris
·         Menyiapkan ruang kelas sesuai dengan rombongan kelas
·         Menyiapkan dan meng fungsikan ruangan kepala sekolah
·         Menyiapkan dan meng fungsikan ruangan Guru
·         Menyiapkan dan meng fungsikan ruangan Tata Usaha
·         Menyiapkan dan meng fungsikan ruangan Serba Guna
·         Menyiapkan dan meng fungsikan ruangan UKS
·         Menyiapkan dan meng fungsikan ruangan Data dan Pemrograman Sekolah
b.Renovasi ruangan belajar
Description: F:\new\DSC00228.JPG  Description: C:\Users\Cluster\Desktop\New folder\IMG20150203173621.jpg
Gambar diatas merupakan hasil dari renovasi yang dilakukan oleh pihak sekolah,sehingga lebih kelihatan rapi,bagus,dan nyaman untuk siswa dalam proses pembelajaran,dimana terdapat 3 lokal ruangan belajar.Selain itu didalam ruangan tersebut,ada pembatasan lokal yang menggunakan Pintu sorong yang terbuat dari besi.
Dengan adanya pintu sorong tersebut,selain untuk ruang belajar,ruang tersebut juga bisa digunakan untuk acara-acara yang dilakukan dalam ruangan.seperti,Rapat besar-besaran dari Organisai Siswa Intra Sekolah (OSIS),Penyuluhan,serta pelaksanaan seleksi Olimpiade sebagai tuan rumah di kecamatan Bukit Batu-Siak kecil.






c.       Pembangunan ruangan belajar
Description: C:\Users\Cluster\Desktop\New folder\IMG20150203174120.jpg
                Ruangan ini diresmikan penggunaannya serentak dengan pengesahanan aula.Ruangan ini terletak di Luar pagar Sekolah karena minimnya halamn untuk pembangunan ruangan belajar tersebut.Dimana terdapat dua lokal ruang belajar.Berikut tugu pengesahan bangunan tersebut:
Description: C:\Users\Cluster\Desktop\New folder\IMG20150203174044.jpg







·         Menyiapkan dan meng fungsikan ruangan Tim Peningkatan Mutu
·         Menyiapkan dan meng fungsikan ruangan Koperasi
·         Menyiapkan dan meng fungsikan ruangan BK
·         Menyiapkan dan meng fungsikan ruangan Ibadah
·         Menyiapkan dan meng fungsikan ruangan OSIS
·         Menyiapkan dan meng fungsikan ruangan kantin
·         Menyiapkan dan meng fungsikan Gudang
·         Menyiapkan dan meng fungsikan KM/WC
·         Menyiapkan dan meng fungsikan website sekolah
6.       Pembiayaan
·         Tersedianya anggaran dalam jumlah yang cukup untuk membiayai program-program sekolah
·         Mengupayakan peran serta alumni dan beberapa perusahaan yang ada untukn membantu membiayai program sekolah
·         Memaksimalkan fungsi dan peranan orang tua siswa untuk membantu membiayai program sekolah
·         Mengupayakan bantuan dari pemerintah daerah untuk membantu membiayai program-program sekolah
7.       Manajemen Sekolah
·         Mengupayakan agar semua data akademik, kesiswaan, keuangan, sarana prasarana serta alumni telah terkomputerisasi dan mudah diakses
·         Mengupayakan agar struktur organisasi dan uraian jabatan terpasang dibeberapa ruangan
·         Mengupayakan agar sistem administrasi sekolah telah memanfaatkan ICT.


8.       Pembinaan Kesiswaan
·         Melakukan penyeleksian siswa baru dengan criteria yang jelas
·         Mengoptimalkan siswa untuk menguasai materi pelajaran sesuai dengan standar isi dan standar kompetensi lulusan
·         Mengoptimalkan siswa untuk mampu berkomunikasi bahasa inggris dengan baik yang ditandai dengan skor Toefl diatas 500
·         Mengoptimalkan siswa untuk mampu menguasai ICT
·         Melakukan pembinaan dan pengembangan kokurikuler yang terprogram untuk seluruh warga sekolah serta didukung dengan dana dan sarana prasarana yang memadai
·         Melaksanakan English Experience Day  yang terprogram pada setiap minggu
·         Melakukan pembinaan dan pengembangan ekstrakurikuler yang terprogram dan mengupayakan agar siswa aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minatnya
9.       Pengembangan Kultur Sekolah
·         Mengupayakan agar WC selalu bersih, tidak berbau dan air selalu mengalir
·         Mengupayakan agar ruang kelas selalu bersih dan memiliki tempat sampah
·         Mengupayakan agar semua laboratorium selalu bersih dan memiliki tempat pembuangan sampah serta bak penampungan limbah zat kimia
·         Mengupayakan agar perpustakaan selalu bersih dan memiliki tempat pembuangan sampah
·         Mengupayakan agar tempat ibadah selalu bersih dan tetap suci
·         Mengupayakan agar kantin selalu bersih dan sampah tidak berserakan serta selalu menjaga air pada parit-parit tetap mengalir
·         Mengupayakan agar sekolah tetap selalu bersih dari sampah dan tersedianya tempat-tempat sampah dibeberapa tempat

d.      Pembangunan workshop dan Bak Kompos
Description: C:\Users\Cluster\Desktop\New folder\IMG20150203174145.jpg  
Bangunan workshop juga terletak diluar pagar,tepatnya di samping kanan ruang belajar yang diluar pagar diatas.Workshop ini berfungsi sebagai ruangan penyimpanan peralatan dan hasil karya adiwiyata,maupun hasil karya siswa yang berhubungan dengan lingkungan hidup.Disamping kanan ruangan workshop terdapat bak tempat pembuatan kompos yang dibangun oleh DAK BID.Lingkungan Hidup pada tahun 2012.kompos tersebut diolah oleh tim adiwiyata,dimana hasilnya bisa digunakan untuk memupuk tanaman-tanaman yang ada di lingkungan sekolah.
Description: C:\Users\Cluster\Desktop\New folder\IMG20150203174207.jpg

e.Pembangunan ruangan belajar dua tingkat

          Bangunan ini adalah wujud kebijakan Kepala Sekolah Untuk penambahan ruangan belajar siswa.Bangunan ini terdiri dari 6 ruangan dan 2 tingkat.Bangunan ini dikerjakan pada tahun 2014,dan dipastikan selesai pada akhir tahun 2015.Dan ruangan ini siap digunakan pada tahun 2016.



























·         Menanamkan kesadaran yang tinggi kepada stake holder sekolah untuk selalu menjaga kebersihan
·         Mengupayakan agar ruangan kelas dilengkapi dengan hiasan dinding serta tertata rapi
·         Mengupayakan agar ruangan ibadah dilengkapi dengan hiasan dinding yang tertata rapi serta tersedianya perlengkapan ibadah
·         Mengupayakan agar buku dan papan pengumuman maupun papan peringatan pada ruangan laboratorium/ perpustakaan tertata ditempatnya
·         Mengupayakan agar ruangan majlis guru dilengkapi dengan peralatan kerja, meja, kursi, hiasan dinding serta tertata rapi
·         Mengupayakan agar ruangang Tata Usaha dilengkapi dengan peralatan kerja, meja, kursi, hiasan dinding serta tertata rapi
·         Menjaga agar seluruh warga sekolah untuk selalu berpakaian rapi
·         Menjaga agar sekolah selalu aman dan bebas dari pencurian, pengrusakan serta segala macam gangguan
·         Mengupayakan agar sekolah tetap selalu indah dan nyaman sehingga tercipta lingkungan yang kondusif
·         Mengupayakan tersedianya pohon-pohon pelindung dalam jumlah yang memadai dan selalu terpelihara
·         Mengupayakan tersedianya tempat duduk disekitar taman sekolah
·         Telah tersedianya papan-papan peringatan yang memadai dan terpasang pada tempatnya
·         Mengupayakan untuk selalu menegakkan sangsi pelanggaran disiplin dan telah tersedianya lembaran perjanjian
·         Menjaga agar kegiatan belajar mengajar selalu tepat waktu
·         Mengupayakan agar tata tertib sekolah selalu terpasang disetiap ruangan kelas
·         Mengupayakan agar siswa terbiasa membaca buku dilingkungan sekolah
·         Mengupayakan adanya forum diskusi bedah buku yang terjadwal dan terprogram
·         Mengupayakan untuk adanya satu hari dalam seminggu waktu tidak mengajar guru yang akan digunakan untuk mengikuti kegiatan forum pengembangan profesii
·          
E.          SUMBER DANA
Sumber dana yang diperlukan untuk pelaksanaan program Rintisan SMA Bertaraf  Nasional berasal dari :
1.       Rutin
Sumber dana rutin berasal dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan yang digunakan untuk :
Ø  Belanja barang ( kebutuhan proses belajar mengajar)
Ø  Pembayaran listrik
Ø  Pembayaran telepon
Ø  Biaya pemeliharaan sarana prasarana sekolah
Ø  Biaya perawatan gedung

2.       Sumber dana lain
Sumber dana lainnya diperoleh sekolah dari bantuan orang tua siswa, alumni
yang sifatnya tidak dapat dijadikan patokan.

D. Prestasi yang diraih oleh SMAN 1 Bukit Batu
          Banyak sekali prestasi-prestasi yang sudah dicapai SMA Negeri 1 Bukit Batu.salah satunya adalah terpilihnya sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Nasional pada tahun 2014.
Description: C:\Users\Cluster\Desktop\New folder\IMG20150203174652.jpg
          Inilah contoh gambar penghargaan yang diberikan kepada kepala sekolah SMA Negeri 1 bukit Batu oleh bapak Anis baswedan selaku sebagai menteri pendidikan menengah. Pemberian penghargaan ini diberikan di pada tanggal 22 Desember 2014,Di Jakarta.
Prestasi ini berhasil dicapai oleh SMAN 1 Bukit Batu,dengan adanya kerja sama dan kesadaran diri setiap warga sekolah dalam menjaga lingkungan sekitar.beberapa contoh program yang  dilaksanakan yaitu penanaman pohon,pembuatan lubang biopori,mengolah sampah organik menjadi kompos,pengolahan sampah plastik menjadi sebuah karya siswa yang bernilai dan bermutu,serta mendaur ulangkan kertas menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi siswa maupun masyarakat sekitar.

Denah SMA Negeri 1 Bukit Batu
Description: F:\new\DSC00202.JPG Description: F:\new\DSC00203.JPG Description: F:\new\DSC00204.JPG


F.          RENCANA DAN PROGRAM PENGEMBANGAN RINTISAN SMA STANDAR INTERNASIONAL
Pada tahun pelajaran 2009/2010 SMA Negeri 1 Bukitbatu merencanakan dan membuat program pengembangan dengan sasaran yang ingin dicapai sebagai berikut:

1.    Program Pengembangan yang dilakukan :
·         Melakukan terjemahan kedalam bahasa inggris terhadap silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) dan instrument evaluasi yang ada untuk 5 mata pelajaran.
·         Penyusunan buku teks siswa, buku teks guru dan student worksheet untuk 5 mata pelajaran ( Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dan Bahasa Inggris ).

  1. Proses Pembelajaran
Sasaran yang ingin dicapai :
·         Proses pembelajaran yang dilakukan telah mengacu kepada kompetensi yang ingin dicapai.
·         Pelaksanaan proses pembelajaran telah menggunakan bahasa inggris.
·         Telah tersedianya software pembelajaran dalam bahasa inggris.
·         Semua bahan ajar berupa buku teks siswa, buku teks guru serta student worksheet yang telah dibuat dalam bahasa inggris.



Penilaian
Sasaran yang ingin dicapai :
·         Pelaksanaan penilaian sesuai dengan kompetensi yang diajarkan kepada siswa
·         Tersedianya instrument evaluasi berupa soal-soal utama, remedial dan pengayaan telah tersedia dalam bahasa inggris.
·         Telah dilakukannya analisis hasil belajar oleh semua guru untuk mengukur sampai sejauh mana tercapainya kompetensi yang telah dipelajari.
·         Telah dilaksanakannya program remedial dan pengayaan dalam kegiatan pembelajaran
·         Telah terdokumentasikan seluruh nilai siswa UN, UAS baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa inggris
·         Telah dilakukannya evaluasi diri mulai dari kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan serta semuanya telah terdokumentasi dengan baik dalam bahasa inggris
Program pengembangan yang dilakukan :
·         Pelatihan penyusuran instrument evaluasi untuk 5 mata pelajaran
·         Pelatihan penyusunan instrument evaluasi diri
  1. Pengembangan Sumber Daya Manusia
                Sasaran yang ingin dicapai :
·         Semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris
·         Semua tenaga pendidik mampu nenggunakan ICT dalam proses pembelajaran
·         Semua tenaga laboran memiliki kompetensi yang baik untuk melaksanakan tugasnya
·         Semua teknisi laboratorium memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugasnya
·         Semua tenaga Tata Usaha memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugasnya
·         Semua tenaga pustakawan memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugasnya
DAFTAR PUSTAKA
·         http//:www.samnsabktb@gmail.com
·         http//:www.smansabuba.com
·         Rusman,Alwir 2015 . Sejarah SMA Negri 1 Bukit Batu . SungaiPakning : Penyusun
·         Sukirman,Ujang 2015 . Sejarah SMA Negri 1 Bukit Batu . SungaiPakning : Penyusun
·         Nasution,Khairul Saleh . Sejarah SMA Negri 1 Bukit Batu . SungaiPakning : Penyusun































Program Pengembangan yang dilakukan :
·         Pelatihan bahasa inggris bagi guru-guru mata pelajaran inti
·         Pelatihan bahasa inggris bagi tenaga Tata Usaha dan Laboran
·         Pelatihan Operator setiap mata pelajaran
·         Pelatihan ICT tingkat lanjut bagi tenaga pendidik
·         Menjalin mitra kerja dengan sekolah-sekolah maupun Universitas baik didalam maupun diluar negeri.
  1. Sarana Prasarana
Sasaran yang ingin dicapai :
·         Tersedianya media pembelajaran disetiap kelas berupa LCD dan laptop
·         Tersedianya peralatan dan bahan dilaboratorium yang diperlukan dalam pembelajaran sesuai dengan standar yang ditetapkan
·         Tersedianya laboratorium computer lengkap dengan peralatan yang diperlukan untuk pembelajaran
·         Telah tersedianya perpustakaan yang nyaman dan dilengkapi dengan buku serta bahan pustaka berbahasa inggris
·         Tersedianya ruang kelas sesuai dengan jumlah rombongan kelas
·         Telah tersedia dan berfungsinya ruangan kepala sekolah
·         Telah tersedia dan berfungsinya ruangan Guru
·         Telah tersedia dan berfungsinya  ruangan Tata Usaha
·         Telah tersedia dan berfungsinya ruangan Serba Guna
·         Telah tersedia dan berfungsinya ruangan UKS
·         Telah tersedia dan berfungsinya ruangan TRRC
·         Telah tersedia dan berfungsinya ruangan Data dan Pemrograman Sekolah
·         Telah tersedia dan berfungsinya ruangan Tim Peningkatan Mutu


Komentar

Postingan populer dari blog ini

fakta tentang l death note

5 Anime Buatan Indonesia