sejarah sman 1 bulit batu
·
Telah tersedia dan berfungsinya
ruangan Koperasi
·
Telah tersedia dan berfungsinya
ruangan BK
·
Telah tersedia dan berfungsinya
ruangan Ibadah
·
Telah tersedia dan berfungsinya
ruangan OSIS
·
Telah tersedia dan berfungsinya
ruangan kantin
·
Telah tersedia dan berfungsinya
Gudang
·
Telah tersedia dan berfungsinya
KM/WC
·
Telah tersedia dan berfungsinya
website sekolah
Program Pengembangan yang dilakukan :
·
Pengadaan LCD dan laptop
·
Pengadaan Peralatan laboratorium
·
Pengadaan AC untuk ruangan TRRC
·
Pengadaan buku penunjang untuk 5
mata pelajaran
·
Pengadaan computer
·
Pelatihan operator setiap mata
pelajaran
- Pembiayaan
Sasaran yang ingin dicapai :
·
Telah terpenuhinya anggaran dalam
jumlah yang cukup untuk membiayai program-program sekolah
·
Telah ikut sertanya alumni dan
beberapa perusahaan yang ada untuk membantu membiayai program sekolah
·
Telah optimalnya fungsi dan
peranan orang tua siswa untuk membantu membiayai program sekolah
KATA
PENGANTAR
Puji syukur
kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta
kekuatan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul Sejarah
Terbentuknya SMA Negeri 1 Bukit Batu.
Terwujudnya
makalah ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak yang telah telah memberi
informasi, baik ide-ide, maupun pemikiran. Oleh karena itu dalam kesempatan ini
penyusun ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Narasumber.
Semoga segala bantuan yang tidak
ternilai harganya ini mendapat imbalan di sisi Allah SWT sebagai amal ibadah,
Amin.
Penyusun
menyadari bahwa Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu
kritik saran yang membangun dari berbagai pihak sangat penulis harapkan demi
perbaikan-perbaikan ke depan. Amin Yaa Rabbal ‘Alamiin
Sungai Pakning,
Februari 2015
Penyusun,
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB 1 PENDAHULUAN
A.
Tujuan Pelaksanaan
BAB 2 PEMBAHASAN
A.
Profil sekolah
B.
Perkembangan Pembangunan Sekolah
C.
Profil-Profil Kepala Sekolah
D.
Kemajuan Sekolah
E.
Prestasi sekolah
Program Pengembangan yang dilakukan :
·
Kegiatan sosialisasi
program-program sekolah kepada pihak-pihak terkait
- Manajemen Sekolah
Sasaran yang ingin dicapai :
·
Semua data akademik, kesiswaan, keuangan,
sarana prasarana serta alumni telah terkomputerisasi dan mudah diakses
·
Struktur organisasi dan uraian
jabatan telah terpasang dibeberapa ruangan
·
Sistem administrasi sekolah telah
memanfaatkan ICT
Program pengembangan yang dilakukan :
·
Kegiatan mengupdate data akademik,
kesiswaan, keuangan, sarana prasarana, alumni dan personalia / SDM
·
Pelatihan operator bagi tenaga
administrasi sekolah
- Pembinaan Kesiswaan
Sasaran yang ingin dicapai :
·
Sistem penyeleksian siswa baru
dengan criteria yang jelas
·
Siswa telah menguasai materi pelajaran sesuai
dengan standar isi dan standar kompetensi lulusan
·
Siswa telah menguasai ICT
·
Telah terprogramnya pembinaan dan
pengembangan kokurikuler untuk seluruh warga sekolah serta didukung dengan dana
dan sarana prasarana yang memadai
·
Telah dilaksanakannya English Experience Day yang terprogram pada setiap minggu
·
Telah terprogramnya pembinaan dan
pengembangan ekstrakurikuler serta mengupayakan agar siswa aktif dalam kegiatan
ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minatnya.
Program Pengembangan yang dilakukan :
·
Kegiatan lomba debat bahasa
inggris
·
Pelaksanaan English Experience Day yang
terprogram
·
Pelatihan kepemimpinan siswa
·
Pembinaan bagi siswa cerdas
istimewa (CI) dan siswa Bakat istimewa (BI) pada bidang: MIPA, Bahasa Inggris dan ICT
·
- Pengembangan Kultur Sekolah
Sasaran yang ingin dicapai :
·
WC selalu bersih, tidak berbau dan
air selalu mengalir
·
Ruang kelas selalu bersih dan
memiliki tempat sampah
·
Semua laboratorium selalu bersih
dan memiliki tempat pembuangan sampah serta bak penampungan limbah zat kimia
·
Perpustakaan selalu bersih dan
memiliki tempat pembuangan sampah
·
Tempat ibadah selalu bersih dan
tetap suci
·
Kantin selalu bersih dan sampah
tidak berserakan serta selalu menjaga air pada parit-parit tetap mengalir
·
Sekolah tetap selalu bersih dari
sampah dan tersedianya tempat-tempat sampah dibeberapa tempat
·
Tingginya tingkat kesadaran stake
holder sekolah untuk selalu menjaga kebersihan
·
Semua ruangan kelas dilengkapi
dengan hiasan dinding serta tertata rapi
1
Pendahuluan
A.
Tujuan Pelaksanaan
1. Ingin mengetahui lebih jelas tentang sejarah SMA Negeri 1
Bukit Batu
2. Melaporkan hasil pengamatan kepada masyarakat sekitar
3. Untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang
seluk beluk SMA Negeri 1 Bukit Batu
4. Agar masyarakat mengetahui perkembangan SMA Negeri 1
Bukit Batu
5.
2
Pembahasan
A.
Profil Sekolah
Nama Sekolah :
SMA Negeri 1 Bukit Batu
Alamat Sekolah :
Jalan Ahmad yani, Sejangat, Kec. Bukit Batu,
28671,
e-mail : smansabktbt@gmail.com
Kab/Kota :
Bengkalis
Propinsi :
Riau
No. Rek. Sekolah : 5424-0100866453 (BRI Cabang
Sungai Pakning)
1. VISI,
MISI, DAN TUJUAN
A.
Visi Sekolah
Menjadikan SMA Negeri 1 Bukit Batuunggul dalam mutu, berbudaya dan santun
dalam bertingkah laku, sehat serta memiliki kearifan terhadap lingkungan hidup
·
Ruangan ibadah dilengkapi dengan
hiasan dinding yang tertata rapi serta tersedianya perlengkapan ibadah
·
Semua buku dan papan pengumuman
maupun papan peringatan pada ruangan laboratorium/ perpustakaan tertata
ditempatnya
·
Ruangan majlis guru dilengkapi
dengan peralatan kerja, meja, kursi, hiasan dinding serta tertata rapi
·
Ruangan Tata Usaha dilengkapi
dengan peralatan kerja, meja, kursi, hiasan dinding serta tertata rapi
·
Seluruh warga sekolah untuk selalu
berpakaian rapi
·
Sekolah selalu aman dan bebas dari
pencurian, pengrusakan serta segala macam gangguan
·
Sekolah tetap selalu indah dan
nyaman sehingga tercipta lingkungan yang kondusif
·
Telah tersedianya pohon-pohon
pelindung dalam jumlah yang memadai dan selalu terpelihara
·
Telah tersedianya tempat duduk
disekitar taman sekolah
·
Telah tersedianya papan-papan
peringatan yang memadai dan terpasang pada tempatnya
·
Selalu menegakkan sangsi
pelanggaran disiplin dan telah tersedianya lembaran perjanjian
·
Kegiatan belajar mengajar selalu
tepat waktu
B.Perkembangan
Pembangunan Sekolah
Pada
awal pembangunan, ruang kelas pertama kali adalah tiga kelas, dan masing-masing
kelas berisi 20 siswa. Pembangunan ruang kelas (penambahan ruang kelas)
tergantung pada dana yang ada. Biasanya dana tersebut berasal dari uang
partisipasi siswa ataupun bantuan dari PEMDA Bengkalis.
Sebelum
SMA 1 ini didirikan dahulunya tanah itu
milik SDN 1,tetapi karena SD1 tidak mau menempatinya,jadi PEMDA menghibahkan
tanah ini ke SMA.SMA ini didirikan pada tahun 1980.Salah satu seseorang yang
andil dalam mendirikan SMA ini adalah Pak Ali.Pak Ali lah yang membantu dalamn
mendirikan Sekolah ini.Pada tahun 1980 SMA ini merupakan SMA PEMDA,dan Pak Ali
juga menjabat sebagai kepala Sekolah SMA ini,tetapi hanya selama enam
bulan.Sekolah ini di Negrikan pada tahun 1928,Pak ali pun tidak lagi menjabat
sebagai Kepala Sekolah SMA ini.Dan digantikan dengan Pak yacob.Dan nama sekolah
ini pun tidak lagi disebut dengan SMA PEMDA,dan diganti dengan Nama SMAN 1
sejangat.
Dahulunya
SMA ini merupakan satu-satunya SMA yang ada di kecamatan Bukit Batu,dimana dahulunya hanya ada SMK dan MAN.
Setelah
diresmikan Sebagai sekolah Negeri, SMA ini sudah memiliki
organisai-organisasi,seperti OSIS,Pramuka,dan Koperasi.
Seiring
perkembangan zaman SMA ini Perkembang pesat,yaitu mulai ditambah ruang belajar
dan Ruangan TU (Tata Usaha).Dari tahun 1980 sampai sekarang,jumlah kepada
sekolah yang sudah menjabat sebagai kepala sekolah SMA ini mencapai 8 orang.
B.
Misi Sekolah
a. Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga siswa berkembang secara
optimal sesuai dengan talentanya masing-masing
b.
Mendorong siswa berfikir
cerdas, kreatif dan inovatif
c.
Menciptakan generasi yang
cerdas emosional dan spiritual serta memiliki akhlak mulia
d.
Mengembangkan
progam/latihan olahraga dan seni secara teratur
e.
Menumbuhkan semangat
kebersamaan bagi seluruh warga sekolah sehingga tercipta kondisi yang sehat, indah, nyaman, dan
kondusif
f.
Menumbuhkan semangat dan
watak warga sekolah untuk peduli terhadap lingkungan hidup
g. Menciptakan Lingkungan Belajar yang nyaman dan
berwawasan lingkungan hidup
h.
Membiasakan warga sekolah untuk menghindari dan
mencemaran lingkungan
i.
Menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan dan
menghindari kerusakan lingkungan hidup
C. Tujuan
1)
Dapat mengamalkan ajaran agama sebagai hasil proses
belajar mengajar dan kegiatan pembiasaan;
2)
Meraih prestasi akademik maupun prestasi
nonakademik mimimal tingkat kabupaten;
3)
Menguasai dasar-dasar IPTEK sebagai bekal untuk
melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi;
4)
Menjadi sekolah yang disenangi dan diminati
masyarakat.
5)
Terwujudnya Sekolah yang Peduli dan berbudaya
lingkungan hidup
6)
Menciptakan sekolah yang bersih dan asri dalam
mendukung pencapaian tujuan pembelajaran
7)
Dapat meningkatkan kreativitas seni dan budaya
8)
Dapat
menciptakan budaya membaca dan menulis
2. Data Siswa
Jumlah Siswa dan Rombongan
lima tahun terakhir
Tahun
Pembelajaran
|
Kelas
|
Jumlah
|
||
X
|
XI
|
XII
|
||
2007/
2008
|
190
|
140
|
170
|
500
|
2008/
2009
|
191
|
146
|
171
|
508
|
2009/
2010
|
133
|
185
|
182
|
499
|
2010/2011
|
179
|
137
|
178
|
494
|
2011/2012
|
180
|
172
|
139
|
491
|
2012/2013
|
188
|
165
|
167
|
520
|
2012/2014
|
207
|
189
|
166
|
562
|
2014/2015
|
177
|
193
|
185
|
555
|
C.Profil-Profil Kepala Sekolah
1.
M.Yacob.HS,BA
Pak
M.Yacob.HS,BA seseorang yang berkelahiran di Bengkalis, 12 Juni tahun 1943.Pak
Yacob Mulanya ia adalah seorang guru yang bertugas di SMAN 3 Rumbai.Setelah
beberapa lama ia bertugas di SMAN 3 Rumbai,akhirnya Ia pindah bertugas di SMAN
1 Sejangat sebagai Kepala Sekolah pada tanggal 1 Agustus 1983.Pada masa ia
menjabat sebagai kepala sekolah,cukup banyak perkembangan yang dialami SMA
ini.Setelah lebih kurang 6 tahun menjabat sebagai kepala Sekolah di SMAN 1
Sejangat,Pak Yacob pindah bertugas di SMAN2 Dumai pada tanggal 24 Juli 1989.Dan
kemudian diganti oleh Drs.Ismail H.Zahari.
2.
Drs.Ismail H.Zahari
Pak
Drs. Ismail. H. Zahari seseorang yang berkelahiran di Bengkalis, 11 oktober
tahun 1948.Pak Drs. Ismail. H. Zahari Mulanya ia adalah seorang kepala sekolah
di SMAN Sungai Apit.Setelah beberapa lama ia bertugas di SMAN Sungai
Apit,akhirnya Ia pindah bertugas di SMAN 1 Sejangat sebagai Kepala Sekolah pada
tanggal 24 Juli 1989.Setelah lebih kurang 4 tahun menjabat sebagai kepala
Sekolah di SMAN 1 Sejangat, Drs. Ismail. H. Zahari pindah bertugas ke kasis
TentisKanwil Depdikbud Prov.Riau pada tanggal 2 November 1993.Dan kemudian
diganti oleh Abdul Kadir, BA.
Jumlah Peserta Didik TP.
2012/2013
No
|
Kelas
|
Ruang
Belajar
|
Peserta
Didik
|
Keterangan
|
||
L
|
P
|
Jlh
|
||||
1
|
X
|
Kelas
|
80
|
109
|
189
|
|
2
|
XI IPA
|
Kelas
|
26
|
40
|
66
|
|
|
XI
IPS
|
Kelas
|
48
|
58
|
98
|
|
3
|
XII
IPA
|
Kelas
|
24
|
34
|
58
|
|
|
XII IPS
|
Kelas
|
50
|
59
|
109
|
|
Jumlah
|
10
|
228
|
292
|
520
|
|
Jumlah Peserta Didik Tahun Pelajaran 2013/2014
No
|
Kelas
|
Ruang Belajar
|
laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
1
|
Kelas X
|
Kelas
|
92
|
111
|
203
|
2
|
Kelas XI
|
Kelas
|
79
|
106
|
185
|
3
|
Kelas XII
|
Kelas
|
75
|
89
|
164
|
Jumlah
|
12
|
250
|
312
|
553
|
Jumlah Peserta Didik Tahun Pelajaran 2014/2015
No
|
Kelas
|
Ruang Belajar
|
laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
1
|
Kelas X
|
Kelas
|
84
|
93
|
177
|
2
|
Kelas XI
|
Kelas
|
84
|
109
|
193
|
3
|
Kelas XII
|
Kelas
|
78
|
107
|
185
|
JUMLAH
|
12
|
256
|
309
|
555
|
Data SDM
a. Identitas Kepala Sekolah
Nama Kepala Sekolah : Rahman,
M.Pd
N I P :19640401
198803 1 005
Pangkat / Golongan : IV a
Tempat / Tgl. Lahir
: Tanjung Belit /1
April 1964
Alamat :
Jl. A. Yani, Sejangat
No. HP :
081378886221
3.
Abdul Kadir, BA.
Pak
Abdul Kadir, BA.seseorang yang berkelahiran di Bengkalis, 8 Juni tahun 1956.Pak
Abdul Kadir, BA. ,Mulanya ia adalah seorang guru yang bertugas di SMAN 1
Bengkalis.Setelah beberapa lama ia bertugas di SMAN 1 Bengkalis,akhirnya Ia
pindah bertugas di SMAN 1 Sejangat sebagai Kepala Sekolah pada tanggal 2
november 1993.Dan pada masa jabatannya pula,nama SMAN 1 Sejangat dirubah
menjadi SMA 1 Bukit Batu.Setelah lebih kurang 2 tahun menjabat sebagai kepala
Sekolah di SMAN 1 Bukit Batu,Pak Abdul Kadir, BA., pindah bertugas di SMAN Sungai Apit pada tanggal 13 Januari 1997.Dan
kemudian diganti oleh Drs.Khaidir,S.
4.
Drs.Khaidir,S
Pak
Drs.Khaidir,S seseorang yang berkelahiran di Bengkalis, 4 Juli tahun 1962. Drs.Khaidir,S
Mulanya ia adalah seorang guru yang bertugas di SMAN 1 Selat Panjang.Setelah
beberapa lama ia bertugas di SMAN 3 Selat panjang,akhirnya Ia pindah bertugas
di SMAN 1 Bukit Batu sebagai Kepala Sekolah pada tanggal 13 Januari
1997.Setelah lebih kurang 2 tahun menjabat sebagai kepala Sekolah di SMAN 1
Bukit Batu,Pak Drs.Khaidir,S pindah bertugas di SMUN 1 Sungai apit pada tanggal
2 Agustus 1999.Dan kemudian diganti oleh Pak Dar’i. S.Pd
b. Jumlah Guru per Mata Pelajaran
No
|
Mata
Pelajaran
|
Jumlah Guru
|
|
PNS
|
GTT/PTT
|
||
1
|
Agama
|
2
|
0
|
2
|
Pendidikan
Kewarga Negaraan
|
2
|
0
|
3
|
Bahasa
Indonesia
|
2
|
1
|
4
|
Bahasa
Inggris
|
2
|
2
|
5
|
Matematika
|
2
|
1
|
6
|
Kesenian
/ Seni dan Budaya
|
0
|
1
|
7
|
Pendidikan
Jasmani
|
1
|
1
|
8
|
Sejarah
|
2
|
0
|
9
|
Geografi
|
0
|
1
|
10
|
Ekonomi
/ Akuntansi
|
2
|
1
|
11
|
Sosiologi
|
2
|
0
|
12
|
Fisika
|
2
|
0
|
13
|
Kimia
|
1
|
2
|
14
|
Biologi
|
2
|
0
|
15
|
Prakarya
dan Kewirausahaa
|
0
|
2
|
16
|
Bimbingan
Konseling
|
0
|
2
|
17
|
Mulok
/ Budaya Daerah
|
0
|
1
|
18
|
Bahasa
Asing / Arab
|
0
|
1
|
|
Jumlah
|
22
|
12
|
3. Data Sarana Prasarana
A.
Luas Lahan Sekolah
Luas Seluruhnya
|
Luas
Bangunan
|
Lahan
Kosong untuk Fasilitas Olahraga
|
Lahan
Kosong belum terpakai
|
9.650
m2
|
1.630
m2
|
150 m2
|
8.037
m2
|
4.
FASILITAS
a. Air
Sumber
|
Ada
|
Tidak
|
Sumber / Air Tanah
|
V
|
|
PAM
|
V
|
|
Air Hujan
|
V
|
|
5.
Dar’i,S.Pd
Pak
Dar’i,S.Pd seseorang yang berkelahiran di Selat panjang, 3 Agustus tahun 1958. Drs.
Dar’i,S.Pd Mulanya ia adalah seorang Kepala Sekolah yang bertugas di SMAN 1
Mebau.Setelah beberapa lama ia bertugas di SMAN 1 Merbau,akhirnya Ia pindah bertugas
di SMAN 1 Bukit Batu sebagai Kepala Sekolah pada tanggal 2 Agustus 1999.Setelah
lebih kurang 3 tahun menjabat sebagai kepala Sekolah di SMAN 1 Bukit Batu,Pak
Dar’i,S.Pd pindah bertugas di SMUN 3 Bengkalis pada tanggal 11 Mei 2002.Dan
kemudian diganti oleh Pak Drs.H.Yahya Gulita
6.
Drs.H.Yahya Gulita
Pak
Drs.H.Yahya Gulita seseorang yang berkelahiran di Bengkalis, 24 Mei tahun 1966.
Drs.H.Yahya Gulita Mulanya ia adalah seorang Kepala Sekolah yang bertugas di
SMUN 2 Bukit Batu.Setelah beberapa lama ia bertugas di SMUN 2 Bukit
Batu,akhirnya Ia pindah bertugas di SMAN 1 Bukit Batu sebagai Kepala Sekolah
pada tanggal 11 Mei 2002.Setelah lebih kurang 6 tahun menjabat sebagai kepala
Sekolah di SMAN 1 Bukit Batu,Pak Drs.H.Yahya Gulita pindah bertugas di SMAN 1
Bengkalis pada tanggal 27 February
2008.Dan kemudian diganti oleh Pak Rismawardi, S.Pd.
b. Telepon
Jenis
Ruang
|
Satuan
|
Ruang Kepala Sekolah
|
1
|
Ruang Guru
|
-
|
Ruang Tata Usaha
|
1
|
Ruang Perpustakaan
|
|
Ruang Laboratorium
|
-
|
Ruang Kelas
|
-
|
c. Mesin Cetak/ Alat Pengadaan
Jenis
Peralatan
|
Jumlah
|
Mesin stensil
|
1
unit
|
Risograph
|
-
|
Mesin Photocopy
|
1
unit
|
Printer
|
1
unit
|
CD Duplikator
|
|
Scanner
|
1
unit
|
d. Koneksi Internet
Jenis
Koneksi
|
Bandwith
|
Dial up
|
-
|
Leased Line
|
kbps
|
Lainnya,…………….
|
2 mbps
dan 526 Kbps
|
R. Tersambung Internet
|
Jumlah Komputer
|
Ruang Kepala Sekolah
|
1 unit
|
Ruang Wakil Kepala Sekolah
|
3
unit
|
Ruang Guru
|
-Unit
|
Ruang Tata Usaha
|
1 unit
|
Ruang Perpustakaan
|
- unit
|
Ruang Labolatorium
|
24 Unit
|
Ruang Kelas
|
- unit
|
Ruang Data dan Program
|
- unit
|
Ruang Tim Kajian Mutu
|
- unit
|
Ruang Bimbingan Konseling
|
1 unit
|
Ruang Tim Disiplin
|
- unit
|
7.
Rismawardi, S.Pd
Pak
Rismawardi, S.Pd seseorang yang berkelahiran di Selat Panjang, 9 Juli tahun
1962.Pak Rismawardi, S.Pd Mulanya ia adalah seorang Kepala Sekolah yang
bertugas di SMAN 1 Siak Kecil.Setelah beberapa lama ia bertugas di SMAN 1 Siak
Kecil,akhirnya Ia pindah bertugas di SMAN 1 Bukit Batu sebagai Kepala Sekolah
pada tanggal 27 February 2008.Setelah lebih kurang 6 bulan menjabat sebagai
kepala Sekolah di SMAN 1 Bukit Batu,Pak Rismawardi, S.Pd pindah bertugas di
UPTD Dikpora Siak Kecil pada tanggal 1 Agustus 2008.Dan kemudian diganti oleh
Pak Rahman,M.Pd
8.Rahman,M.Pd
Pak
Rahman,M.Pd seseorang yang berkelahiran di Tanjung Belit, 1 April tahun
1964.Pak Rahman,M.Pd Mulanya ia adalah seorang Kepala Sekolah yang bertugas di
SMAN 2 Temiang.Setelah beberapa lama ia bertugas di SMAN 1 Siak Kecil,akhirnya
Ia pindah bertugas di SMAN 1 Bukit Batu sebagai Kepala Sekolah pada tanggal 1
Agustus 2008.
Semenjak
Pak Rahman,M.Pd menjabat sebagai Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Bukit
Batu,banyak sekali perubahan-perubahan positif di sekolah ini.
B.
TANTANGAN NYATA SEKOLAH
1. Semua perangkat kurikulum masing
menggunakan bahasa Indonesia dan belum
dilakukan terjemahan ke bahasa inggris
2. Kemampuan bahasa inggeris tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan sangat minim
3. Belum semua guru memperoleh kesempatan
mengikuti pelatihan dan pengajaran bagi
perbaikan penyelenggaraan pembelajaran.
4. Masih terdapat beberapa siswa yang sukar
bersaing karena kelompok terbesar memiliki
kecerdasan tinggi, sampai pada bersaing ke PTN terkemuka.
5. Kurikulum yang disempurnakan dan pola
pembelajaran yang berubah secara dinamis
membuat sebagian siswa mengalami kesukaran mengikutinya.
6. Belum mendapatkan sekolah mitra maupun
perguruan tinggi mitra yang mampu
membina sekolah.
7. Peralatan labolatorium fisika, kimia dan
biologi masih belum lengkap sesuai dengan
setandar nasional.
8. Jumlah siswa yang masih diatas jumlah
siswa ideal perkelas, sehingga menyulitkan
guru memberikan pelayanan secara maksimal.
9. Kesibukan masing – masing indipidu guru
dalam menggelola pembelajarannya
menjadikan kesempatan yang kecil bagi guru senior membina guru yunior.
10. Beberapa guru senior memasuki masa
pensiun sehingga populasi guru berpengalaman
semakin berkurang untuk membina prestasi dan kualitas lulusan.
11. Belum seluruh guru menguasai kecakapan
bidang ICT
12. Belum maksimalnya menggunakan ICT dalam
proses pembelajaran
13. Masih belum maksimalnya anggaran yang
tersedia di daerah
C.
SASARAN / TUJUAN
Sasaran yang ingin dicapai oleh rintisan
sekolah bersetandar nasional adalah :
1.Menjadi sekolah yang diakui di tingkat
nasional dan memiliki kelas nasional.
2.Menjadikan seluruh komponen sekolah
memahami dan terampil menggunakan program-
a program aplikasi computer sesuai dengan tugas
dan fungsi masing- masing.
3. Memiliki sarana dan prasarana
pembelajaran yang berbasis pada teknologi.
4. Memiliki system manajemen informasi yang
terkomputerisasi.
5. Memiliki guru- guru yang telah
terakriditasi dengan setandar nasional.
6. Memiliki kurikulum yang adaptif dengan
kurikulum bersetandar nasional.
7. Memiliki budaya kerja dan nudaya mutu
bersetandar nasional.
8. Memilki guru yang mampu mengajar dikelas
dengan pengantar bahasa international.
9. Rata- rata nilai pada SKHUN mencapai
minimal 7,50.
10. Menjadi model inovasi dan perubahan
proses pembelajaran dan manajemen A A peningkatan mutu sekolah.
11. Memproleh prestasi tertinggi bidang
akademik tingkat provinsi maupun nasional.
12. Menjadi sekolah yang selalu berusaha
untuk senantiasa terdepan dan menjadi teladan A
A dalam berbagai hal.
13. 25% lulusan diterima pada perguruan
tinggi terkemuka.
14. Menjadi sekolah yang adaftif dan
adoptif dengan berbagai kemajuan lingkungan A
A nasional.
15. Memiliki kelompok ilmiah remaja yang
mampu memenangkkan LKIR tingkat nasional.
16. Memiliki tim kesenian yang mampu tampil
pada tingkat nasional dan memperkenalkan A A budaya local ( budaya melayu ).
17. Memiliki tim olah raga yang mampu
tampil pada tingkat nasional maupun internasional
18. Memiliki sistem pembelajaran yang
inivatif dan dicontoh oleh berbagai pihak karena A A kesuksesannya.
19.Memiliki sistem layanan siswa yang
handal dan terpercaya
20. Memiliki tenaga laboran, perpustakaan
dan sumber daya pendukung yang memahami A A ICT serta mampu berkomunikasi dengan
menggunakan bahasa inggris.
D.
Kemajuan yang Dialami SMA NEGERI 1 Bukit Batu
Kemajuan
yang dialami SMAN 1 Bukit Batu yang paling pesat terjadi pada masa jabatan Pak
Rahman,M.Pd.Pak Rahman dikenal dengan karakternya yang disiplin,biajksana,ramah,dan
juga peduli akan Prestasi-prestasi,dilingkungan sekolah maupun di lingkungan
masyarakat.
Kemajuan
yang dialami itu seperti bertambahnya ruang belajar,pagar sekolah,maupun
fasilitas-fasilitas sekolah,dan juga telah dibuat Aula yang multifungsi.
Berikut
contoh kemajuan yang terjadi pada masa jabatan Pak Rahman,M.pd dari tahun 2008
sampai sekarang.
a. Pembangunan Aula SMA Negeri 1 Bukit Batu
Pada
saat Pak Rahman menjadi kepala Sekolah di SMAN 1 bukit Batu Fasilitas-fasilitas
di SMA ini cukup memadai.Pak Rahman memiliki gagasan untuk membuat aula di
lapangan basket yang awalnya masih sederhana.Dengan kebijakan-kebijakan Pak
Rahman,ia berhasil mewujudkan ambisinya membangun aula tersebut.Selain
kebijaka-kebijakan Pak Rahman,pembangunan aula juga mendapat apresiasi dari
berbagai pihak yang ikut berpartisipasi membantu untuk membangun aula
tersebut.Bentuk dari partisipasi itu seperti memberi bantuan berupa material
bangunan,alat-alat yang membantu proses pembuatannya,maupun berupa uang.
Setelah semuanya terkumpul,akhirnya
pembangunan aula tesebut segera dilakukan dengan perlahan.sepeti mulai
mendirikan pondasi atau tiang besi,dan pengecoran ulang lapangan basket.Setelah
beberapa bulan bekerja,akhirnya pekerjaan pembangunan aula selesai dilakukan
pada tahun 2013. Berikut tugu pengesahan dan gambar aula hasil jerih payah yang
disahkan penggunaannya oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis:
Inilah
contoh tugu pengesahan pembanguann aula SMA Negeri 1 Bukit Batu yang dilakukan
pada tanggal 17 september 2013 oelh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten
Bengkalis.
Dengan
didirikannya aula ini,banyak sekali manfaat yang didapat oleh seluruh warga
sekolah.Aula ini selain untuk lapangan olahraga,juga dapat digunakan untuk
melaksanakan acara-acara besar atau acara peresmian.Dengan adanya aula
ini,seluruh warga sekolah yang sedang melaksanakan kegiatan seperti
upacara,senam,dan lain sebagainya menjadi tidak kepanasan,apalagi kegiatan di
siang hari.
D.
IDENTIFIKASI FUNGSI – FUNGSI PENDIDIKAN
1.
Pengembangan kurikulum
·
Menyusun dan menyiapkan kurikulum
yang akan digunakan ( Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ) serta melakukan
terjemahan kedalam bahasa inggris
·
Menyusun perangkat – perangkat
kurikulum dan sekaligus melakukan terjemahan kedalam bahasa inggris
·
Mencari kurikulum internasional
dan melakukan analisa untuk menyusun
kurikulum internasional yang adaptif.
2.
Proses Pembelajaran
·
Melaksanakan proses pembelajaran
dengan mengacu kepada kompetensi yang ingin dicapai
·
Melaksanakan proses pembelajaran
dengan menggunakan bahasa inggris
·
Menggunakan software pembelajaran
dalam bahasa inggris
·
Menggunakan bahan ajar berupa buku
teks siswa, buku teks guru serta student
worksheet yang telah dibuat dalam bahasa inggris
3.
Penilaian
·
Melakukan / melaksanakan penilaian
sesuai dengan kompetensi yang diajarkan kepada siswa
·
Menyiapkan instrument evaluasi
berupa soal-soal utama, remedial dan pengayaan telah tersedia dalam bahasa
inggris
·
Melakukan analisis hasil belajar
untuk mengukur sampai sejauh mana tercapainya kompetensi yang telah dipelajari
·
Melaksanakan program remedial bagi
siswa yang belum tuntas dan pengayaan bagi siswa yang telah tuntas
·
Mendokumentasikan seluruh nilai
siswa UN, UAS baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa inggris
4.
Pengembangan Sumber Daya Manusia
·
Mengupayakan agar semua tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris
·
Mengupayakan agar semua tenaga
pendidik mampu nenggunakan ICT dalam proses pembelajaran
·
Mengupayakan agar semua tenaga laboran
memiliki kompetensi yang baik untuk melaksanakan tugasnya
·
Mengupayakan agar semua teknisi
laboratorium memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugasnya
·
Mengupayakan agar tenaga Tata
Usaha memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugasnya
·
Mengupayakan agar tenaga
Pustakawan memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugasnya
5.
Sarana Prasarana
·
Menyiapkan media pembelajaran
disetiap kelas berupa LCD dan laptop
·
Menyediakan peralatan dan bahan
dilaboratorium yang diperlukan dalam pembelajaran sesuai dengan standar yang
ditetapkan
·
Menyiapkan laboratorium computer
lengkap dengan peralatan yang diperlukan untuk pembelajaran
·
Menyiapkan perpustakaan yang
nyaman dan dilengkapi dengan buku serta bahan pustaka berbahasa inggris
·
Menyiapkan ruang kelas sesuai
dengan rombongan kelas
·
Menyiapkan dan meng fungsikan
ruangan kepala sekolah
·
Menyiapkan dan meng fungsikan
ruangan Guru
·
Menyiapkan dan meng fungsikan
ruangan Tata Usaha
·
Menyiapkan dan meng fungsikan
ruangan Serba Guna
·
Menyiapkan dan meng fungsikan
ruangan UKS
·
Menyiapkan dan meng fungsikan
ruangan Data dan Pemrograman Sekolah
b.Renovasi ruangan belajar
Gambar
diatas merupakan hasil dari renovasi yang dilakukan oleh pihak sekolah,sehingga
lebih kelihatan rapi,bagus,dan nyaman untuk siswa dalam proses
pembelajaran,dimana terdapat 3 lokal ruangan belajar.Selain itu didalam ruangan
tersebut,ada pembatasan lokal yang menggunakan Pintu sorong yang terbuat dari
besi.
Dengan
adanya pintu sorong tersebut,selain untuk ruang belajar,ruang tersebut juga
bisa digunakan untuk acara-acara yang dilakukan dalam ruangan.seperti,Rapat
besar-besaran dari Organisai Siswa Intra Sekolah (OSIS),Penyuluhan,serta
pelaksanaan seleksi Olimpiade sebagai tuan rumah di kecamatan Bukit Batu-Siak
kecil.
c.
Pembangunan ruangan belajar
Ruangan ini diresmikan
penggunaannya serentak dengan pengesahanan aula.Ruangan ini terletak di Luar
pagar Sekolah karena minimnya halamn untuk pembangunan ruangan belajar
tersebut.Dimana terdapat dua lokal ruang belajar.Berikut tugu pengesahan
bangunan tersebut:
·
Menyiapkan dan meng fungsikan
ruangan Tim Peningkatan Mutu
·
Menyiapkan dan meng fungsikan
ruangan Koperasi
·
Menyiapkan dan meng fungsikan
ruangan BK
·
Menyiapkan dan meng fungsikan
ruangan Ibadah
·
Menyiapkan dan meng fungsikan
ruangan OSIS
·
Menyiapkan dan meng fungsikan
ruangan kantin
·
Menyiapkan dan meng fungsikan
Gudang
·
Menyiapkan dan meng fungsikan
KM/WC
·
Menyiapkan dan meng fungsikan
website sekolah
6.
Pembiayaan
·
Tersedianya anggaran dalam jumlah
yang cukup untuk membiayai program-program sekolah
·
Mengupayakan peran serta alumni
dan beberapa perusahaan yang ada untukn membantu membiayai program sekolah
·
Memaksimalkan fungsi dan peranan
orang tua siswa untuk membantu membiayai program sekolah
·
Mengupayakan bantuan dari
pemerintah daerah untuk membantu membiayai program-program sekolah
7.
Manajemen Sekolah
·
Mengupayakan agar semua data
akademik, kesiswaan, keuangan, sarana prasarana serta alumni telah
terkomputerisasi dan mudah diakses
·
Mengupayakan agar struktur
organisasi dan uraian jabatan terpasang dibeberapa ruangan
·
Mengupayakan agar sistem
administrasi sekolah telah memanfaatkan ICT.
8.
Pembinaan Kesiswaan
·
Melakukan penyeleksian siswa baru
dengan criteria yang jelas
·
Mengoptimalkan siswa untuk
menguasai materi pelajaran sesuai dengan standar isi dan standar kompetensi
lulusan
·
Mengoptimalkan siswa untuk mampu
berkomunikasi bahasa inggris dengan baik yang ditandai dengan skor Toefl diatas
500
·
Mengoptimalkan siswa untuk mampu
menguasai ICT
·
Melakukan pembinaan dan
pengembangan kokurikuler yang terprogram untuk seluruh warga sekolah serta
didukung dengan dana dan sarana prasarana yang memadai
·
Melaksanakan English Experience Day yang
terprogram pada setiap minggu
·
Melakukan pembinaan dan
pengembangan ekstrakurikuler yang terprogram dan mengupayakan agar siswa aktif
dalam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minatnya
9.
Pengembangan Kultur Sekolah
·
Mengupayakan agar WC selalu
bersih, tidak berbau dan air selalu mengalir
·
Mengupayakan agar ruang kelas
selalu bersih dan memiliki tempat sampah
·
Mengupayakan agar semua
laboratorium selalu bersih dan memiliki tempat pembuangan sampah serta bak
penampungan limbah zat kimia
·
Mengupayakan agar perpustakaan
selalu bersih dan memiliki tempat pembuangan sampah
·
Mengupayakan agar tempat ibadah
selalu bersih dan tetap suci
·
Mengupayakan agar kantin selalu
bersih dan sampah tidak berserakan serta selalu menjaga air pada parit-parit
tetap mengalir
·
Mengupayakan agar sekolah tetap
selalu bersih dari sampah dan tersedianya tempat-tempat sampah dibeberapa
tempat
d.
Pembangunan workshop dan Bak
Kompos
Bangunan
workshop juga terletak diluar pagar,tepatnya di samping kanan ruang belajar
yang diluar pagar diatas.Workshop ini berfungsi sebagai ruangan penyimpanan
peralatan dan hasil karya adiwiyata,maupun hasil karya siswa yang berhubungan
dengan lingkungan hidup.Disamping kanan ruangan workshop terdapat bak tempat
pembuatan kompos yang dibangun oleh DAK BID.Lingkungan Hidup pada tahun
2012.kompos tersebut diolah oleh tim adiwiyata,dimana hasilnya bisa digunakan
untuk memupuk tanaman-tanaman yang ada di lingkungan sekolah.
e.Pembangunan ruangan belajar dua
tingkat
Bangunan
ini adalah wujud kebijakan Kepala Sekolah Untuk penambahan ruangan belajar
siswa.Bangunan ini terdiri dari 6 ruangan dan 2 tingkat.Bangunan ini dikerjakan
pada tahun 2014,dan dipastikan selesai pada akhir tahun 2015.Dan ruangan ini
siap digunakan pada tahun 2016.
·
Menanamkan kesadaran yang tinggi
kepada stake holder sekolah untuk selalu menjaga kebersihan
·
Mengupayakan agar ruangan kelas
dilengkapi dengan hiasan dinding serta tertata rapi
·
Mengupayakan agar ruangan ibadah
dilengkapi dengan hiasan dinding yang tertata rapi serta tersedianya
perlengkapan ibadah
·
Mengupayakan agar buku dan papan
pengumuman maupun papan peringatan pada ruangan laboratorium/ perpustakaan
tertata ditempatnya
·
Mengupayakan agar ruangan majlis
guru dilengkapi dengan peralatan kerja, meja, kursi, hiasan dinding serta
tertata rapi
·
Mengupayakan agar ruangang Tata
Usaha dilengkapi dengan peralatan kerja, meja, kursi, hiasan dinding serta
tertata rapi
·
Menjaga agar seluruh warga sekolah
untuk selalu berpakaian rapi
·
Menjaga agar sekolah selalu aman
dan bebas dari pencurian, pengrusakan serta segala macam gangguan
·
Mengupayakan agar sekolah tetap
selalu indah dan nyaman sehingga tercipta lingkungan yang kondusif
·
Mengupayakan tersedianya
pohon-pohon pelindung dalam jumlah yang memadai dan selalu terpelihara
·
Mengupayakan tersedianya tempat
duduk disekitar taman sekolah
·
Telah tersedianya papan-papan
peringatan yang memadai dan terpasang pada tempatnya
·
Mengupayakan untuk selalu
menegakkan sangsi pelanggaran disiplin dan telah tersedianya lembaran
perjanjian
·
Menjaga agar kegiatan belajar
mengajar selalu tepat waktu
·
Mengupayakan agar tata tertib
sekolah selalu terpasang disetiap ruangan kelas
·
Mengupayakan agar siswa terbiasa
membaca buku dilingkungan sekolah
·
Mengupayakan adanya forum diskusi
bedah buku yang terjadwal dan terprogram
·
Mengupayakan untuk adanya satu
hari dalam seminggu waktu tidak mengajar guru yang akan digunakan untuk
mengikuti kegiatan forum pengembangan profesii
·
E.
SUMBER DANA
Sumber
dana yang diperlukan untuk pelaksanaan program Rintisan SMA Bertaraf Nasional berasal dari :
1.
Rutin
Sumber dana rutin
berasal dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan yang digunakan untuk :
Ø Belanja barang ( kebutuhan proses belajar mengajar)
Ø Pembayaran listrik
Ø Pembayaran telepon
Ø Biaya pemeliharaan sarana prasarana sekolah
Ø Biaya perawatan gedung
2.
Sumber dana lain
Sumber dana lainnya
diperoleh sekolah dari bantuan orang tua siswa, alumni
yang sifatnya tidak
dapat dijadikan patokan.
D. Prestasi yang diraih oleh SMAN 1 Bukit Batu
Banyak sekali prestasi-prestasi yang sudah dicapai SMA Negeri 1 Bukit
Batu.salah satunya adalah terpilihnya sebagai sekolah Adiwiyata tingkat
Nasional pada tahun 2014.
Inilah contoh
gambar penghargaan yang diberikan kepada kepala sekolah SMA Negeri 1 bukit Batu
oleh bapak Anis baswedan selaku sebagai menteri pendidikan menengah. Pemberian
penghargaan ini diberikan di pada tanggal 22 Desember 2014,Di Jakarta.
Prestasi
ini berhasil dicapai oleh SMAN 1 Bukit Batu,dengan adanya kerja sama dan
kesadaran diri setiap warga sekolah dalam menjaga lingkungan sekitar.beberapa
contoh program yang dilaksanakan yaitu
penanaman pohon,pembuatan lubang biopori,mengolah sampah organik menjadi
kompos,pengolahan sampah plastik menjadi sebuah karya siswa yang bernilai dan
bermutu,serta mendaur ulangkan kertas menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi
siswa maupun masyarakat sekitar.
Denah SMA
Negeri 1 Bukit Batu
F.
RENCANA DAN PROGRAM PENGEMBANGAN RINTISAN SMA STANDAR INTERNASIONAL
Pada tahun pelajaran
2009/2010 SMA Negeri 1 Bukitbatu merencanakan dan membuat program pengembangan
dengan sasaran yang ingin dicapai sebagai berikut:
1. Program Pengembangan yang dilakukan :
·
Melakukan terjemahan kedalam
bahasa inggris terhadap silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) dan
instrument evaluasi yang ada untuk 5 mata pelajaran.
·
Penyusunan buku teks siswa, buku
teks guru dan student worksheet untuk 5 mata pelajaran ( Matematika, Fisika,
Biologi, Kimia, dan Bahasa Inggris ).
- Proses Pembelajaran
Sasaran yang ingin dicapai :
·
Proses pembelajaran yang dilakukan
telah mengacu kepada kompetensi yang ingin dicapai.
·
Pelaksanaan proses pembelajaran
telah menggunakan bahasa inggris.
·
Telah tersedianya software
pembelajaran dalam bahasa inggris.
·
Semua bahan ajar berupa buku teks
siswa, buku teks guru serta student worksheet yang telah dibuat dalam bahasa
inggris.
Penilaian
Sasaran yang ingin dicapai :
·
Pelaksanaan penilaian sesuai
dengan kompetensi yang diajarkan kepada siswa
·
Tersedianya instrument evaluasi
berupa soal-soal utama, remedial dan pengayaan telah tersedia dalam bahasa
inggris.
·
Telah dilakukannya analisis hasil
belajar oleh semua guru untuk mengukur sampai sejauh mana tercapainya
kompetensi yang telah dipelajari.
·
Telah dilaksanakannya program remedial
dan pengayaan dalam kegiatan pembelajaran
·
Telah terdokumentasikan seluruh
nilai siswa UN, UAS baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa inggris
·
Telah dilakukannya evaluasi diri
mulai dari kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan serta semuanya telah
terdokumentasi dengan baik dalam bahasa inggris
Program pengembangan yang
dilakukan :
·
Pelatihan penyusuran instrument
evaluasi untuk 5 mata pelajaran
·
Pelatihan penyusunan instrument
evaluasi diri
- Pengembangan Sumber Daya Manusia
Sasaran yang ingin dicapai :
·
Semua tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris
·
Semua tenaga pendidik mampu
nenggunakan ICT dalam proses pembelajaran
·
Semua tenaga laboran memiliki
kompetensi yang baik untuk melaksanakan tugasnya
·
Semua teknisi laboratorium
memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugasnya
·
Semua tenaga Tata Usaha memiliki
kompetensi untuk melaksanakan tugasnya
·
Semua tenaga pustakawan memiliki
kompetensi untuk melaksanakan tugasnya
DAFTAR PUSTAKA
·
http//:www.samnsabktb@gmail.com
·
http//:www.smansabuba.com
·
Rusman,Alwir 2015 . Sejarah SMA
Negri 1 Bukit Batu . SungaiPakning : Penyusun
·
Sukirman,Ujang 2015 . Sejarah SMA
Negri 1 Bukit Batu . SungaiPakning : Penyusun
·
Nasution,Khairul Saleh . Sejarah
SMA Negri 1 Bukit Batu . SungaiPakning : Penyusun
Program Pengembangan yang dilakukan :
·
Pelatihan bahasa inggris bagi
guru-guru mata pelajaran inti
·
Pelatihan bahasa inggris bagi
tenaga Tata Usaha dan Laboran
·
Pelatihan Operator setiap mata
pelajaran
·
Pelatihan ICT tingkat lanjut bagi
tenaga pendidik
·
Menjalin mitra kerja dengan
sekolah-sekolah maupun Universitas baik didalam maupun diluar negeri.
- Sarana Prasarana
Sasaran yang ingin dicapai :
·
Tersedianya media pembelajaran
disetiap kelas berupa LCD dan laptop
·
Tersedianya peralatan dan bahan
dilaboratorium yang diperlukan dalam pembelajaran sesuai dengan standar yang
ditetapkan
·
Tersedianya laboratorium computer
lengkap dengan peralatan yang diperlukan untuk pembelajaran
·
Telah tersedianya perpustakaan
yang nyaman dan dilengkapi dengan buku serta bahan pustaka berbahasa inggris
·
Tersedianya ruang kelas sesuai
dengan jumlah rombongan kelas
·
Telah tersedia dan berfungsinya
ruangan kepala sekolah
·
Telah tersedia dan berfungsinya
ruangan Guru
·
Telah tersedia dan berfungsinya ruangan Tata Usaha
·
Telah tersedia dan berfungsinya
ruangan Serba Guna
·
Telah tersedia dan berfungsinya
ruangan UKS
·
Telah tersedia dan berfungsinya
ruangan TRRC
·
Telah tersedia dan berfungsinya
ruangan Data dan Pemrograman Sekolah
·
Telah tersedia dan berfungsinya
ruangan Tim Peningkatan Mutu
Komentar
Posting Komentar