Review Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution



Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution mempunyai beberapa mode game yang bisa kamu mainkan, namun mode utamanya adalah ninja world tournament yang pada dasarnya adalah sebuah turnamen ninja terbesar. Kamu akan memulai turnamen ini dari peringkat paling bawah yaitu rank D sebelum akhirnya merangkak ke atas untuk menantang ninja-ninja yang berada di kelas S. Karena pada dasarnya Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution adalah game fighting maka saya mengharapkan sebuah gameplay yang umum dijumpai seperti katakanlah Ultra Street Fighter IV atau Tekken 6, namun begitu memainkan game dengan seratus playable character ini saya dibuktikan salah.
Begitu game dimulai, kamu akan menaiki sebuah perahu menuju sebuah pulau tempat turnamen berlangsung dan dari kejauhan kamu sudah bisa melihat bahwa ada dua orang yang sudah siap menyambut kamu. Sesaat sebelum perahu sampai kamu akan diminta untuk memilih karakter utama kamu. Tentu saja 100 karakter yang saya sebutkan di atas tidak akan langsung dapat digunakan semuanya, kamu akan mulai dengan beberapa karakter dasar dan bekerja keras untuk membuka puluhan karakter lain seiring kamu bermain.
Setelah memilih karakter dan penjelasan singkat kamu akan diberikan kontrol penuh atas karakter kamu untuk mulai menjelajah pulau dan berinteraksi dengan berbagai NPC. Sampai titik ini saya masih sedikit bingung, karena saya kira Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution adalah sebuah game fighting namun melihat berbagai NPC, equipment, character customisation, dan quests kamu tidak bisa menyalahkan saya karena mengira ini sebuah RPG. Untuk mengikuti turnamen kamu akan membutuhkan satu sampai dua karakter lain sebagai pendamping (ally) kamu dan dari sinilah penjelajahan kamu dimulai.
Untuk mendapatkan seorang ally kamu harus menjalankan quest yang diminta oleh ninja tersebut. Misalkan untuk bisa menggunakan Guy dan seluruh timnya maka kamu harus menjalani quest berantai mulai dari melawan anggota tim sampai dengan berlomba dengan waktu untuk mencapai titik tertentu dalam sebuah map. Ketika quest tersebut selesai maka kamu akan mendapatkan Ryo (mata uang dalam game ini) dan juga kamu bisa menggunakan mereka sebagai rekan dalam turnamen.

Bagian terbaik dari sistem ini adalah seiring kamu bermain, kamu akan menemukan berbagai karakter kuat lainnya yang tersebar dalam map dan menjalankan quest demi quest adalah bagian yang menyenangkan. Ini karena setiap karakter biasanya akan meminta kamu untuk menjalani quest yang memang sesuai dengan cerita atau sifat mereka. Sebagai contoh Guy dengan tes fisiknya yang melelahkan, Tsunade dengan tantangan bermain judinya, sampai dengan kompetisi antara Deidara dan Sasori yang tidak pernah berakhir sehingga mereka akan meminta kamu untuk menjadi jurinya. Ini memberikan personalisasi yang jauh lebih baik dan penggemar Naruto juga akan dibuat tersenyum-senyum sendiri membaca pembicaraan selama quest.
Selain mencari ally yang jumlahnya sangat banyak (baca: banyak quest), kamu juga bisa melakukan questing umum seperti membantu latihan atau mencari sebuah item tertentu. Untuk awal-awal kamu tidak dapat mengunjungi keseluruhan pulau namun seiring kamu memenangkan turnamen dan naik tingkat maka bagian pulau akan mulai terbuka satu per satu. Ukuran pulau ini tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil, cukup untuk kapasitasnya sebagai tempat penampung turnamen ninja terbesar. selain mencari ally dan questing, ada beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan seperti mampir ke toko peralatan atau bermain lotre.  
Naruto Mash Screenshot 1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

fakta tentang l death note

5 Anime Buatan Indonesia